Di Facebook

Tentang Kami

A.P.I AL FADHLUA.P.I AL FADHLU.Pondok Pesantren Asrama Pendidikan Islam Al Fadhlu adalah Pondok Pesantren yang masih menerapkan metode pendidikan ala salaf namun berpijak dan berprinsip pada "AL MUHAFAZHOTU 'ALAL QADIMISH SHALIH WAL AKHDZU BIL JADIDIL ASHLAH"(Dapat menerima budaya baru yang baik dan melestarikan budaya lama yang masih relevan) sebagai mottonya ......



AL FADHLU, A.P.I.
Pancuran,Kandangan,Bawen
50661 Semarang,Jateng
A.P.I AL FADHLU
alfadhu@gmail.com
P: (+62) 8813739848
Kontak Kami

Al fadhlu Blog Artikel

Belajar islam dan sufisme



Introduction of Ilmu Tajwid

Introduction/Pengenalan dan Pengantar Ilmu Tajwid alfadhlu.blogspot.com
A.P.I AL FADHLU:Definisi/Ta'rif  Ilmu Tajwid

Lafadz tajwid menurut bahasa artinya membaguskan. Sedangkan menurut istilah adalah :
"Mengeluarkan setiap huruf dari tempat keluarnya dengan memberi hak & mustahaq/k nya."

Yang dimaksud dengan hak huruf adalah sifat asli yg selalu bersama dengan huruf tersebut, seperti al jahr, isti'la', istifal, dan lain sebagainya.
Sedangkan yg dimaksud dengan mustahak huruf adalah sifat yg nampak sewaktu-waktu, seperti tafkhim, tarqiq, ikhfa', dan lain sebagainya.

Hukum Mempelajari/Belajar Ilmu Tajwid

Hukum mempelajari ilmu tajwid secara teori adalah fardhu kifayah, sedangkan hukum membaca Al Quran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid adalah fardhu 'ain.
Jadi, mungkin saja terjadi seorang Qori' bacaannya bagus dan benar, namun sama sekali ia tidak mengetahui istilah-istilah ilmu tajwid semisal idzhar, mad, dll.
Baginya hal itu sudah cukup bila kaum muslimin yg lain telah banyak yg mempelajari teori ilmu tajwid, karena mempelajari teorinya adalah fardhu kifayah.
Sedangkan bagi seseorang yg belum mampu membaca Al Quran sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid maka wajib baginya untuk berusaha membaguskan bacaannya sehingga mencapai standar yg telah ditetapkan oleh Rasululllah SAW.

Dalil kewajiban membaca Al Quran dengan tajwid adalah sebagai berikut :
"Dan bacalah Al Quran dengan tartil."  (Q.S. 73:4)

Ali bin Abi Thalib r.a. menjelaskan arti tartil dalam ayat ini, yaitu mentajwidkan huruf-hurfnya dan mengetahui tempat-tempat waqof (berhenti).

Sabda Rasulullah SAW :
"Bacalah Al Quran sesuai dengan cara dan suara orang-orang Arab. Dan jauhilah olehmu cara baca orang-orang fasik dan berdosa besar. Maka sesungguhnya akan datang beberapa kaum setelahku melagukan Al Quran seperti nyanyian dan rohbaniah (membaca tanpa tadabbur) & nyanyian. Suara mereka tidak dapat melewati tenggorokan mereka (tidak dapat meresap ke dalam hati). Hati mereka dan orang-orang yg simpati kepada mereka telah terfitnah (keluar dari jalan yg lurus)."

Adapun alasan mengapa hukum membaca Al Quran dengan tajwid adalah fardhu 'ain, Imam Ibnul Jazari mengatakan :
"Membaca (Al Quran) dengan tajwid hukumnya wajib, barangsiapa yg tidak membacanya dengan tajwid ia berdosa, karena dengan tajwidlah Allah menurunkan Al Quran, dan dengan demikian pula Al Quran sampai kepada kita dari-Nya."


Item Introduction of Ilmu Tajwid
Rating 5 / 5
Reviewer A.P.I AL FADHLU
Date 3/19/2013
Description A.P.I AL FADHLU:Definisi/Ta'rif Ilmu Tajwid Lafadz tajwid menurut bahasa artinya membaguskan. Sedangkan menurut istilah adalah : "Mengeluarkan setiap huruf dari tempat keluarnya dengan memberi hak & mustahaq/k nya." Yang dimaksud dengan hak huruf adalah sifat asli yg selalu bersama dengan huruf tersebut, seperti al jahr, isti'la', istifal, dan lain sebagainya. Sedangkan yg dimaksud dengan mustahak huruf adalah sifat yg nampak sewaktu-waktu, seperti tafkhim, tarqiq, ikhfa', dan lain sebagainya.
Summary A.P.I AL FADHLU: Definisi/Ta'rif  Ilmu Tajwid Lafadz tajwid menurut bahasa artinya membaguskan. Sedangkan menurut istilah adalah :...

Tentang Kami

author picture

A.P.I AL FADHLU : Asrama Pendidikan Islam Al Fadhlu adalah Pondok Pesantren yang masih menerapkan metode pendidikan ala salaf namun berpijak dan berprinsip pada "AL MUHAFAZHOTU 'ALAL QADIMISH SHALIH WAL AKHDZU BIL JADIDIL ASHLAH"(Dapat menerima budaya baru yang baik dan melestarikan budaya lama yang masih relevan) sebagai mottonya. Ikuti kami juga di G+ @ A.P.I AL FADHLU .

: 0 Tidak ada komentar ...

Posting Komentar ANDA

Komentar Anda adalah bagian dari Shilaturrahim ... :-)